Bantul, 29 Mei 2025 – Menjelang pelaksanaan tugas ikatan dinas, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani (STITMA) Yogyakarta menyelenggarakan Diklat Pelatihan Bahasa Arab yang berlangsung selama enam hari berturut-turut, sejak tanggal 24 hingga 29 Mei 2025. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari proses pembekalan akhir bagi mahasiswa semester 8, khususnya yang akan bertugas di lembaga pendidikan dengan penekanan pada kurikulum dan pengajaran Bahasa Arab berbasis ABY (Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik).
Asesmen, Materi, Microteaching, dan Penyelesaian Masalah Pengajaran
Diklat dimulai pada Sabtu, 24 Mei 2025, dengan sesi asesmen awal oleh Ustadzah Wardatul Mufidah Hasan, S.Pd. Tujuan asesmen ini adalah memetakan kemampuan awal peserta dalam penguasaan Bahasa Arab dan metodologi pengajarannya. Dilanjutkan dengan pengantar materi ABY oleh Ustadz Marsekal Rahman Hakim sebagai fondasi pembelajaran selama diklat.
Pertemuan Kedua dan Ketiga (Ahad–Senin, 25–26 Mei) berfokus pada penguasaan Materi ABY Jilid 1 dan praktik microteaching, dipandu oleh Ustadz Harits. Dalam sesi ini, peserta tidak hanya memahami konten kitab, tetapi juga mempraktikkan teknik penyampaian yang interaktif dan komunikatif.
Selasa, 27 Mei menjadi momen penting untuk masuk pada Materi ABY Jilid 2 dan kelanjutan microteaching, kembali bersama Ustadz Marsekal Rahman Hakim. Suasana diklat semakin aktif dengan adanya umpan balik langsung atas cara penyampaian peserta di depan kelas.
Pertemuan Kelima (Rabu, 28 Mei) mengangkat materi “Hillul Masyakil At-Ta’limiyyah”, yaitu analisis dan penyelesaian permasalahan dalam proses pengajaran Bahasa Arab. Materi ini sangat penting sebagai bekal peserta menghadapi dinamika di lapangan pengabdian.
Pada hari terakhir (Kamis, 29 Mei), Divisi Bahasa Marhalah memandu sesi presentasi metode pembelajaran mufrodat, memberi ruang inovasi dan kreativitas dari peserta. Diklat ditutup dengan asesmen akhir oleh Ustadzah Wardatul Mufidah Hasan, S.Pd, sebagai bahan evaluasi akhir atas peningkatan kompetensi peserta selama pelatihan.
Bekal Menuju Pengabdian yang Profesional dan Terstandar
Dengan format intensif yang menggabungkan teori, praktik, dan evaluasi, Diklat Pelatihan Bahasa Arab STITMA 2025 menjadi ajang persiapan menyeluruh bagi para calon pengajar. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta tidak hanya mampu mengajar dengan baik, tetapi juga memiliki ketajaman pedagogis, kefasihan bahasa, serta keterampilan dalam mengelola kelas secara efektif.
Program ini menegaskan komitmen STITMA untuk mengirim lulusan yang siap pakai, unggul dalam penguasaan bahasa, dan mampu membawa nilai-nilai tarbiyah ke lembaga pendidikan tempat mereka akan mengabdi.
Penulis: Rizkyana Wahyu L.P., M.Pd.