“Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Membangun Karakter, Spiritualitas, dan Keberlanjutan Global”
Hari Sabtu–Ahad, tanggal 29–30 November 2025, bertempat di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Madani Yogyakarta telah mengikuti kegiatan Student Symposium on Islamic Education (STORIES 2025) dengan tema “Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Membangun Karakter, Spiritualitas, dan Keberlanjutan Global.”
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Madani Yogyakarta turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut melalui delegasi mahasiswa/i yang dipelopori oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nol Koma, dengan Muhammad Jaelani selaku Ketua UKM Nol Koma yang juga menjadi peserta aktif dalam kegiatan seminar nasional tersebut. Selain itu, keikutsertaan para mahasiswi juga mendapat bimbingan khusus dari Dosen Pembina, yaitu Ustadzah Qiyadah Robbaniyah, M.Pd.I, yang memberikan arahan akademik, pembekalan kesiapan, serta pendampingan dalam proses mengikuti kegiatan ilmiah tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 Mahasiswa/i dari Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab STIT Madani Yogyakarta, bersama para peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Keikutsertaan STIT Madani Yogyakarta dalam kegiatan ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan wawasan akademik dan kemampuan riset mahasiswa dalam bidang pendidikan Islam,
- Memperkuat jejaring ilmiah antar mahasiswa lintas perguruan tinggi,
- Menumbuhkan karakter ilmiah, keterampilan komunikasi, dan pemikiran kritis,
- Mendukung pengembangan pendidikan Islam yang adaptif terhadap kemajuan teknologi digital.
Secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan baik, tertib, dan lancar. Partisipasi mahasiswa/i STIT Madani Yogyakarta memberi dampak positif dalam meningkatkan kemampuan akademik, memperkuat identitas kampus sebagai institusi yang aktif berkontribusi dalam forum ilmiah nasional, serta memperteguh komitmen terhadap transformasi pendidikan Islam berbasis digital yang berkarakter dan berkelanjutan.
Penulis; Utadzah Widyaningtyas Kusuma Wardani, M.Pd
Editor; Khonsa, S,Pd


