Webinar Internasional 22 Juli 2020 “ كيف تعلم اللغة العربية في وباء كورونا ”

Pandemi corona adalah pandemi yang mendunia yang hampir semua segi kehidupan terkena dampak dari pandemi ini terutama dalam bidang pendidikan. Munculnya kebijakan physical distancing untuk memutus penyebaran wabah, `memaksa perubahan dari pendidikan formal di bangku sekolah menjadi belajar di rumah, dengan sistem online, dalam skala nasional. Sistem pendidikan online pun tidak mudah. Di samping disiplin pribadi untuk belajar secara mandiri, ada fasilitas dan sumber daya yang mesti disediakan.

Pendidikan merupakan kunci pembangunan sumberdaya manusia. Kualitas sumber daya manusia merupakan kunci terwujudnya Indonesia Emas yang adil dan sejahtera, aman dan damai, serta maju dan mendunia.Pendidikan yang akan menentukan kemana bangsa ini akan menyongsong masa depannya, apakah menjadi bangsa besar yang beradab, cerdas dan siap beradaptasi dengan perubahan zaman. Atau, menjadi raksasa sakit, yang tenggelam dalam berbagai persoalannya sendiri. Kalah dalam persaingan global dan bahkan diacak-acak kepentingan jangka pendek, baik dari dalam maupun luar negri.

Terkait kualitas, kita juga harus meningkatkan kualitas tenaga pengajar, kurikulum pendidikan, hingga tingkat daya saing pendidikan nasional terutama di masa pandemi ini. Pandemi covid-19 ini menyingkap sejumlah persoalan genting yang harus segera diatasi karena menyangkut keberlangsungan dan kualitas pendidikan para murid, guru maupun dosen. Betapapun sulitnya, tetap harus memperjuangkan dan mengawal proses reformasi pendidikan, sebagai kunci majunya pendidikan Islam dan pendidikan NKRI.

Salah satu langkah yang di ambil oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta atau yang biasa di sebut STITMA Yogyakarta dalam ikut andil meningkatkan kualitas tenaga pengajar, kurikulum pendidikan dan tingkat daya saing pendidikan nasional adalah dengan mengadakan webinar internasional berbahasa Arab dengan tema “ كيف تعلم اللغة العربية في وباء كورونا ”

Webinar Internasional dengan tema “ كيف تعلم اللغة العربية في وباء كورونا ” diselenggarakan pada tanggal 22 Juli 2020. Acara ini mengundang narasumber dari kancah nasional yaitu Sekertaris Kopertais Wilayah III DIY Dr. Hisyam Zaini dan juga mengundang narasumber dari kancah internasional diantaranya Syaikh Dr. Labib Najib, Syaikh Dr. Arif Anwar yang juga merupakan pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB dan alhamdulillah berlangsung dengan lancar serta menerapkan protokol kesehatan.

Editor : Faiz Naufal

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *